Minggu, 26 Agustus 2007

Ba'asyir Lepas Seribu Laskar Long March Keliling Kota Yogya

Yogyakarta - Menyambut datangnya bulan Ramadan, sekitar seribu anggota Laskar Mujahidin melakukan long march keliling kota Yogyakarta. Long march dilepas langsung oleh Amir Majelis Mujahidin Indonesia (MMI) Ustad Abu Bakar Ba'asyir.

Long march yang dilakukan hari ini, Minggu (26/8/2007) dimulai pukul 10.30 WIB dari Markas MMI di Jl. Karanglo No 94 Kotagede Yogyakarta. Sebelum melakukan long march, massa Majelis Mujahidin yang datang dari berbagai daerah seperti Yogyakarta dan Jawa Tengah itu mengikuti pengajian akbar oleh Ustad Abu Bakar Ba'asyir dan anggota komisi fatwa MMI Ustad Muhammad Thalib.

Usai pengajian, Ba'asyir didampingi Ketua Lajnah Tanfidziyah MMI Irfan S. Awwas melepas langsung anggota laskar yang mengikuti long march mengelilingi Kota Yoyakarta sejauh 20-an km. Saat melepas long march, Ba'asyir mengatakan kegiatan ini, selain sebagai bentuk syiar Islam juga dapat menyehatkan badan peserta.

"Kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada umat Islam menjelang datangnya bulan Ramadan yang tinggal beberapa hari lagi serta untuk mengingatkan agar umat Islam menjauhi berbagai tindakan maksiat," kata Ba'asyir disambut teriakan takbir oleh peserta.

Saat melakukan long march, peserta membawa bendera masing-masing laskar. Mereka juga mengenakan pakaian lapangan, bersepatu lars dengan kaos lengan panjang berlambang dan tulisan Mujahidin di bagian punggung. Ada pula di antara mereka yang mengenakan topi serta kain kafiyeh warna merah motif kotak-kotak yang dibalutkan di wajah untuk menutup panas terik yang menyengat di Yogyakarta. Dengan tertib, peserta berbaris sehingga membentuk barisan memanjang lebih kurang 200-an meter.

Jalan yang dilalui dari markas di Jl Karanglo melewati Jl Kemasan Kotagede, Jl Gedongkuning, Jl Kusumanegara, Simpang Empat Pasar Sentul Jl Sultan Agung, Jl Dr Sutomo, Jl Dr Wahidin Sudir Husodo, simpang empat Galeria Mal Jl Sudirman dan menuju Masjid Syuhada di Kotabaru. Di etape pertama itu, massa kemudian beristirahat dan salat dzuhur di masjid tersebut. Setelah itu, mereka melanjutkan etape kedua kembali ke markas MMI.

Tidak ada komentar: