Selasa, 07 Agustus 2007

BPOM Yogya Sita Ribuan Kosmetik Ilegal

Yogyakarta, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyita lebih dari 2.500 ribu kosmetik ilegal asal Cina, Thailand dan Singapura. Kosmetik berbagai merek itu mengandung bahan kimia berbahaya seperti Rodamin B, Hidrokinon dan merkuri.

Razia yang dilakukan hari ini, Rabu (8/8/2007) diantaranya dilakukan di toko-toko di Pasar Beringharjo dan toko-toko kosmetik di berbagai tempat di wilayah Yogyakarta. Di Pasar Beringharjo lantai 2 misalnya, petugas mengamankan sedikitnya 500-an kosmetik berbagai yang disimpan dalam belasan dus kosmetik asal Cina, Thailand dan Singapura.

Kebanyakan kosmetik yang disita adalah untuk krim pemutih, bedak, eye shadow dan lipstik. Sebagian besar ketika diperiksa petugas, berbagai kosmetik itu tidak terdaftar di Departemen Kesehatan (Depkes) RI serta mengandung zat pewarna berbahaya Rodamin B dan Hidrokinon. Beberapa merek kosmetik yang disita diantaranya dengan merek Blues On, Jusmis, Eye Lee dan lain-lain.

Saat petugas mendatangi toko-toko yang menjual kosmetik impor, para penjual maupun pemilik toko tidak dapat berkutik. Barang-barang yang dipajang di etalase sebagian besar tidak terdaftar di Depkes dan mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri. Berbagai kosmetik itu oleh petugas langsung dilakukan penyitaan.

Salah seorang petugas penyidik dari BPOM DIY, Herti Astuti kepada wartawan mengatakan yang dirazia tidak hanya dari Cina saja tapi ada juga dari Thailand, Singapura dan Indonesia sendiri yang ilegal atau tidak terdaftar. Sebelum merazia, beberapa hari yang lalu petugas sudah melakukan tes sampling pemeriksaan sebelum melakukan razia hari ini. Dengan demikian saat mendatangi setiap toko, petugas dengan mudah mengamankan semua kosmetik ilegal itu.

"Yang kami razia adalah kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya seperti merkuri, hidrokinon dan Rodamin B. Ini berbahaya karena bisa menimbulkan kanker kulit terutama untuk krim pemuitih," katanya.

Sementara berdasarkan data BPOM DIY, petugas sudah mengamankan lebih kurang 2.200 kosmetik berbagai berbagai mereka. Razia hari ini petugas mengamankan lebih dari 300 kosmetik. Total kosmetik yang disita sekitar 2.500 kosmetik dengan sedikitnya 137 merek tak terdaftar. Dari jumlah itu terdapat lebih kurang 1.736 kosmetik yang tidak terdaftar. Di KOta Yogyakarta terdapat 774 buah, Sleman 265 buah, Bantul 689 buah, Kulonprogo 215 buah dan Gunungkidul 261 buah.

Tidak ada komentar: