Senin, 26 September 2011

Koalisi PDIP-Golkar Menangi Pemilukada Kota Yogyakarta

Yogyakarta - Koalisi PDIP-Golkar berhasil memenangi pemilukada Kota Yogyakarta. Pasangan nomer 3, Haryati Suyuti-Imam Priyono (Hati) berhasil unggul atas pasangan nomer 2, Achmad Hanafi Rais-Tri Harjun Ismaji (Fitri). Untuk sementara anak Amien Rais menempati posisi kedua.

"Berdasarkan hasil penghitungan sementara yang kami lakukan dari laporan saksi di TPS-TPS, pasangan Haryadi Suyuti - Imam Priyono memperoleh 96.595 suara atau sekitar 48,59 persen," kata Ketua Desk Pilkada Kota Yogyakarta, Sutaryo kepada wartawan di kantor DPC PDIP Kota Yogyakarta di Jl HOS Cokroaminoto, Senin (26/9/2011).

Pasangan Hanafi Rais-Tri Harjun memperoleh 82.852 suara atau 41,68 persen. Sedangkana urutan ketiga pasangan Zuhrif Hudaya-Aulia Reza Bastian memperoleh 19.358 atau 9,74 persen.

"Ini adalah hasil penghitungan kami sampai tadi malam. Saat ini masih dihitung di masing-masing PPK atau kecamatan dan hasilnya juga tidak akan jauh berbeda. Tinggal kami mengawal jangan sampai terjadi kecurangan hingga rapat pleno KPU nanti," kata Sutaryo didampingi Ketua DPC PDIP, Sujanarko.

Menurut Sutaryo dari 14 kecamatan se Kota Yogyakarta, PDIP unggul di 11 kecamatan. Jago PDIP hanya kalah dengan pasangan yang diusung PAN, PPP, Demokrat dan Gerindra di tiga kecamatan yakni Ngampilan, Umbulharjo dan Kotagede.

"Di Kecamatan Umbulharjo justru suara Haryadi-Imam Priyono justru paling banyak memperoleh suara di bandingkan dengan 11 kecamatan lain yang menang yakni 12.476 suara," katanya.

Sementara itu anggota tim sukses lainnya, Danang Rudiyatmoko menambahkan lumbung suara pasangan nomer 3 berada di Kecamatan Gedong Tengen, Gondokusuman, Kraton, Gondomanan, Pakualaman dan Jetis dengan rata-rata di atas 50 persen. Kemenangan ini juga karena mesin politik partai dari cabang, anak cabang, ranting, dan anak ranting berjalan dengan baik.

"Baru kali ini atau dalam pilkada 2011 ini PDIP berhasil menang. Karena dalam dua kali pilkada, yakni 2001 dan 2006 yang dimenangkan PAN dengan mengusung Herry Zudianto. Kami tinggal menunggu hasil pengesahan di PPK dan kami berharap hasilnya tidak jauh berbeda dengan hasil penghitungan sementara yang kami lakukan," pungkas Danang.

Tidak ada komentar: