Jumat, 23 September 2011

Nyoblos

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X dan GKR Hemas rencananya akan memberikan hak pilihnya saat pemungutan suara hari Minggu (25/9) mendatang di TPS 10 Kelurahan Panembahan, Kecamatan Kraton, Yogyakarta. Sementara itu, Walikota Yogyakarta Herry Zudianto akan melakukan pencoblosan di TPS 1 Kelurahan Pandeyan, Umbulharjo, Yogyakarta.

Ketua KPU Kota Yogyakarta, Nasrullah menjelaskan, TPS akan dibuka sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Setelah pemungutan suara usai, Panitia Pemungutan Suasa (PPS) akan langsung akan langsung melakukan perhitungan suara saat itu juga.

"Pada hari itu juga dari TPS seluruh dokumen sudah harus masuk ke PPK dan PPS. Sedangkan pada esok harinya, Senin (26/9) sudah harus dilakukan proses rekap di kecamatan," kata Nasrullah di kantor KPU Kota Yogyakarta.

Nasrullah mengungkapkan, kelima calon akan melakukan pemilihan di beberapa TPS, sesuai dimana dirinya tercatat dalam daftar pemilih tetap (DPT). Zuhrif Hudaya akan mencoblos di TPS 10 Kelurahan Sorosutan, Umbulharjo. Calon nomor urut dua, Hanafi Rais akan mencoblos di TPS 5 Kelurahan Prenggan, Kotagede dan Tri Harjun Ismaji di TPS 5 Kelurahan Pakuncen, Wirobrajan. Sementara calon nomor urut tiga, Haryadi Suyuti akan mencoblos di TPS 10 Kelurahan Kotabaru, Gondokusuman dan Imam Priyono di TPS 19 Kelurahan Pringgokusuman, Gedongtengen.

Ditemui terpisah, Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto berharap agar pemilukada ini bisa dimaknai sebagai ajang elemen partai untuk memberikan kader terbaiknya menjadi pelayan masyarakat Yogyakarta. Sedangkan bagi masyarakat, ajang pesta demokrasi ini harus dimaknai sebagai perlombaan untuk memilih pemimpin yang dapat mengayomi masyarakatnya.

"Karena kita memilih untuk kebaikan, maka harapannya perbedaan harus dihormati. Begitu masuk di bilik suara, tidak ada lagi pertentangan, yang ada semangat untuk mendapatkan pemimpin bagi kebaikan Yogyakarta. Siapapun yang terpilih menjadi walikota didorong untuk maju mewujudkan Yogyakarta kota istimewa," tegasnya.

Tidak ada komentar: