Minggu, 16 Oktober 2011

GKR Bendara Berikan Bingkisan Pelangkah Nikah Pada Kakaknya

Yogyakarta - Prosesi pernikahan putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X hari ini dimulai, Minggu (16/10/2011). GKR Bendara (GRAj Nurastuti Wijareni) memberikan bingkisan pelangkahan kepada kakaknya GRAj Nurabra Juwita.

Sebab kakaknya nomer empat saat ini belum menikah. Jeng Reni panggilan akrabnya sehari-hari itu dengan memberikan bingkisan pelangkahan berupa pakaian itu kepada kakaknya.

Prosesi pelangkahan itu juga mengandung makna, sanga adik memohon restu dan izin kepada kakaknya yang belum menikah untuk mendahalui. Bingkisan yang diberikan itu sebagai wujud rasa sayang kepada kakak dan keluarga besar.

Acara pelangkahan dilakukan di Kraton Kilen kediaman Sultan pada pukul 09.30 WIB. Saat acara pelangkahan GKR Bendara didampingi, GKR Pembayun dan kakak kandung lainnya. Jeng Reni kemudian memberikan bingkisan tersebut kepada GRAJ Nurabra Juwita. Jeng Reni kemudian bersalaman dan saling mencium pipi.

Usai memberikan pelangkahan, calon pengantin putri kemudian melakukan upacara ngabekten kepada ayahanda Sri Sultan Hamengku Buwono X dan ibunya GKR Ratu Hemas. GKR Bendara kemudian melakukan sembah sungkem kepada kedua orangtuanya.

Hadit dalam acara itu diantaranya beberapa orang kerabat Sultan dan keluarga besar Keraton Ngayogyakarto Hadiningrat.

Tidak ada komentar: