Selasa, 11 Oktober 2011

Menteri PDT Ajak Sarjana Kembali ke Desa

Yogyakarta - Hasil riset yang aplikatif dari sebuah perguruan tinggi diharapkan diikuti dengan aksi nyata sarjana kembali ke desa untuk membangun daerah tertinggal.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal, Helmi Faisal Zaini saat membuka Pameran Produk Inovasi, Open Campus and Research Week di Grha Sabha Pramana UGM, Selasa (11/10/2011).

Menurut Helmi, pameran hasil riset UGM yang menampilkan adanya produk unggulan diharapkan bisa memicu pertumbuhan ekonomi daerah tertinggal. Oleh karena itu, sebagai kampus kerakyatan yang memelihara kearifan lokal, Helmy mengajak civitas akademika melihat sebaran masyarakat ke desa ke kota sebagai hal yang serius.

Dia mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) per Maret 2010, masyarakat yang tinggal di perkotaan mencapai 52 persen lebih. Selebihnya sekitar 48 persen masyarakat tinggal di pedesaan.

"Sebaran masyarakat yang berbanding terbalik maka harus diambil kebijakan yaitu desa sebagai pusat pertumbuhan,” tuturnya.

Paradigma yang selama ini dikembangkan infrastructur following people, menjadikan kota besar akan semakin dipadati orang-orang dari desa.

Menurutnya, pola kebijakan pembangunan seperti itu harus dibalik, yakni daerah tertinggal harus didorong untuk dibangun infrastruktur maupun fasilitasnya.

"Diikuti sarjana kembali ke desa yang harus mulai dibangun dengan keterlibatan stake holder terkait. UGM tentu bisa ikut berpartisipasi mendorong hal tersebut,” katanya.

Tidak ada komentar: