Senin, 16 Januari 2012

Forum Anti Plagiat Yogya Desak UII Copot Gelar SH, Marwan Jakfar

Yogyakarta - Mahasiswa yang tergabung Forum Anti Plagiat menggelar aksi demo keprihatinan atas tindakan plagiatisme yang dilakukan Ketua Fraksi PKB DPR RI, Marwan Jakfar.

Mereka menuntut Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia (FH UII) untuk mencabut gelar akademik Sarjana Hukum (SH), Marwan Jakfar, tempat menuntut ilmu hukum strata 1.

Aksi digelar di depan kampus FH UII di Jl Taman Siswa Yogyakarta. Dalam aksi itu massa membawa beberapa poster yang bertuliskan 'Forum Anti Plagiat Copot Gelar Akademik Marwan Jakfar Plagiator, plagiat = koruptor, Marwan musuh UII'.
Di depan pintu masuk kampus yang dijaga beberapa satpam itu, massa menggelar orasi bergantian.

Koordinator aksi Mustafa Hana dalam orasinya menyindir perilaku Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa itu, Marwan Jakfar yang tidak memiliki kreasi dan kreatifitas dalam menghasilkan karya ilmiah. Perbuatan yang dilakuka telah melanggar nilai-nilai akademik.

"Tindakan yang dilakukan Marwan akibat ingin mencari prestasi secara instan agar dikenal publik. Dia pantas dicabut gelarnya," kata Mustafa.

Dia meminta UII tempat Marwan dulu kuliah di Fakultas Hukum untuk mencabut gelar akademik sarjana hukum (SH) karena telah mencoreng nama UII. Selain itu meminta kepada Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UII untuk mencopot dari anggota keluarga alumni.

"Kami juga meminta Badan Kehormatan (BK) DPR RI untuk memberikan sanksi pada Marwan," katanya.

Sementara itu secara terpisah Sekretaris Program Studi Fakultas Hukum UII, Bagya Agung Prabowo SH, MHum membenarkan bila Marwan Jakfar adalah alumni Fakultas Hukum Tahun 1989. Namun UII tidak bisa mencabut gelar akademik yang bersangkutan, karena bukan karya tulis ilmiah skripsi.

"Kalau itu betul terjadi patut kami sayangkan, tapi tuntutan mencabut gelar itu tidak proporsional karena bukan skripsi," pungkas Agung.

Tidak ada komentar: