Selasa, 17 Januari 2012

Hujan Deras 2 Jam, Yogya Banjir

Yogyakarta - Hujan deras selama lebih kurang 3 jam, mengakibatkan beberapa ruas jalan di kawasan Yogyakarta banjir. Hujan deras juga mengakibatkan Sungai Belik di Kampung Klitren Kecamatan Gondokusuman meluap dan menggenangi rumah-rumah warga.

Hujan deras terjadi mulai pukul 15.00 hingga pukul 17.00 WIB. Beberapa ruas jalan yang tergenang dan menjadi langganan banjir adalah Jl Colombo depan Kampus Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Jl Laksda Adisutjipto dekat Ambarukmo Plaza (Amplaz). Di kedua ruas jalan tersebut beberapa kendaraan bermotor sempat macet dan aliran listrik juga dimatikan.

Banjir di Kampung Klitren disebabkan meluapnya Kali Belik yang melewati tengah kampung yang berada di belakang pusat pertokoan di Jl Urip Sumoharjo. Ini merupakan banjir kedua setelah tanggal 1 Januari 2012 lalu.

Penyebabnya adalah jebol bangunan talud yang baru diperbaiki. Dinding talud tidak mampu menahan derasnya air sungai tersebut. Puluhan rumah di kampung sempat tergenang dengan ketinggian sekitar 20-50 cm. Untuk mengantisipasi agar air tidak masuk ke rumah, warga juga sudah siap dengan menyiapkan kantong-kantong pasir di depan rumah.

"Ini banjir yang kedua karena talud jebol lagi," kata Suharsono salah seorang warga Kampung Klitren.

Tidak ada komentar: