Kamis, 22 Maret 2012

Pratikno : Rektor UGM Yang Bercita-Cita Jadi Sekda

Yogyakarta - Prof Dr Pratikno MSoc.Sc adalah salah satu guru besar ilmu politik di Universitas Gadjah Mada (UGM). Sosok Pratikno mulai banyak dikenal ketika menjadi salah satu pemandu debat capres tahun 2009.

Saat ini dia menjabat sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) dan menjadi staf pengajar di jurusan Ilmu Pemerintahan. Pratikno dikukuhkan menjadi guru besar pada tanggal 21 Desember 2009.

Suami Ny Siti Faridah dan bapak 3 anak itu menyampaikan pidato pengukuhan Balai Senat UGM berjudul "Rekonsolidasi Reformasi Indonesia: Kontribusi Studi Politik dan Pemerintahan dalam Menopang Demokrasi dan Pemerintahan Efektif".
Bagi dia, Balai Senat UGM merupakan tempat yang penuh kenangan. Pertama adalah tempat ketika dia berpidato menyampaikan pidato pengukuhannya sebagai guru besar. Kedua hari ini, Kamis (22/3/2012) dia terpilih menjadi rektor UGM periode 2012-2017.

Pratikno adalah orang ketiga dari Fisipol yang menjadi rektor UGM. Pertama (alm) Prof Dr Soeroso, kedua Prof Dr Sofian Effendi dan ketiga adalah Pratikno.
Nama Pratikno tampak melejit dibandingkan calon lainnya ketika tim Panitia Ad Hoc pemilihan rektor UGM melakukan seleksi tahap pertama dan kedua oleh Senat Akademik (SA) dan Majelis Guru Besar (MGB).

Dalam pemilihan rektor oleh Majelis Wali Amanat (MWA) UGM, Pratikno menempati urutan pertama dengan 26 suara. Posisi kedua ditempati Prof Dr Marsudi Triatmodjo dengan 5 suara dan ketiga Prof Dr Ir Danang Parikesit dengan 1 suara.

Dia akan menggantikan Rektor periode 2007-2012 Prof Ir Sudjarwadi PhD yang akan habis masa jabatannya pada tanggal 28 mei 2012. MWA akan melantik Pratikno sebagai rektor periode 2012-2017.

Usai penghitungan suara, Pratikno langsung mendapatkan ucapan selamat dari kedua calon lainnya serta anggota MWA dan tamu undangan lainnya. Di Balairung tempat bagi para dosen, karyawan dan menyaksikan jalannya pemilihan rektor melalui layar televisi.

Dia juga sempat menerima ucapan selamat dari civitas akademik di tempat itu. Setelah itu bersama Direktur Kemahasiswaan UGM, Drs Haryanto, Msi, Pratikno menemu para mahasiswa yang berada di Balairung UGM. Sebelumnya para mahasiswa sempat menggelar aksi menjelang rapat pleno MWA.

"Kami berkomitmen ingin menyatukan seluruh stakeholder di UGM untuk membangun UGM," pungkas Pratikno.

Tidak ada komentar: